MH Celullite

Sabtu, 09 Juli 2011

SEJARAH RENANG

SEJARAH RENANG



Anda suka berenang? Tahukah Anda tentang sejarah olahraga renang ini? Olahraga air ini ternyata sudah dimulai berabad-abad lalu sejak masa sebelum sejarah, masa di mana manusia tidak mengenal tulisan. Berikut ini adalah sejarah olahraga renang.

Olahraga Renang Pada Masa Lalu

Renang adalah salah satu jenis olahraga air. Tahukah Anda olahraga air ini mempunyai sejarah yang panjang? Sejarah olahraga renang telah dikenal sejak zaman pra sejarah. Hal ini terbukti dari adanya lukisan orang yang sedang berenang yang ada di dinding-dinding goa purba dari zaman batu. Di Gilf Kebir, Mesir ditemukan juga gua perenang.

Sejarah olahraga renang juga ada di dalam alkitab. Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey juga menceritakan adanya olahraga ini.

Sayangnya,
renang tidak menjadi salah satu olahraga yang dilombakan pada olimpiade kuno Yunani. Namun, mereka sering mempraktekkan olahraga air ini. Mereka juga membangun kolam renang yang menjadi satu dengan kamar mandi mereka.

Di negara Jepang sejarah renang mulai tertulis pada tahun 36 SM ketika kaisar Suigui mengadakan perlombaan renang. Perlombaan ini dikenal sebagai perlombaan pertama di dunia. Renang juga merupakan keahlian utama seorang samurai. Kalau ingin menjadi samurai, seseorang haruslah menguasai olah raga air ini.

Pada perang Salamis, kemampuan renang ini menyelamatkan bangsa Yunani. Dalam perang ini, Yunani mengalahkan Bangsa Persia yang kapal-kapal perang mereka dihancurkan.

Pada tahun 1800an di Eropa sudah ada kejuaraan renang. Gaya yang digunakan kebanyakan adalah gaya dada. Sedangkan gaya bebas diperkenalkan oleh Arthur Trudgen.

Pada tahun 1896 renang menjadi satu cabang olahraga dalam olimpiade Athena. Pada tahun 1908 berdiri induk olahraga renang internasional FINA (Fédération Internationale de Natation).

Olahraga Renang Sekarang

Pada zaman sekarang, renang telah menjadi olahraga yang disukai banyak orang. Renang juga dilombakan dalam kejuaraan dunia antar negara. Para perenang berlomba-lomba merebut medali emas dengan menjadi yang tercepat. Alexander Popov adalah perenang Rusia yang berhasil memperoleh tiga medali emas pada olimpiade 1992 di Barcelona. Sedangkan Michael Pelps adalah perenang Amerika yang berhasil merebut delapan medali emas di olimpiade 2008 di Beijing.

Ternyata renang mempunyai sejarah yang panjang. Bagaimana menurut Anda?

Artikel olahraga renang ini akan mencoba mendeskripsikan ihwal olahraga berenang yang ternyata sudah ada sejak masa pra-sejarah. Jika saya dulu ketika masih di kampung cukup berenang di kolam ikan, sungai atau bahkan sumur pemandian, sekarang di kota-kota kecil saja sudah banyak di bukan kolam renang. Berenang memang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Diantaranya anak-anak yang secara rutin berenang akan mempunyai tingkat pertumbuhan tubuh yang baik, pernafasannya terjaga, dan staminanya juga sangat mumpuni.

Berenang bagi warga kota sudah menjadi life style. Malah banyak orang tua yang memasukkan anak-anaknya ke sekolah berenang yang mempunyai instruktur khusus. Maksudnya tiada lain supaya sejak kecil anak-anaknya sudah familiar dan terbiasa dengan olahraga air tersebut karena banyak sekali kegunaannya.

Meski demikian, ternyata masih banyak yang belum faham dari mana asal usul dan perkembangan renang itu sendiri sampai akhirnya menjadi olahraga yang diperlombakan di setiap even-even olahraga dunia. Artikel olahraga renang inilah yang akan coba dimaksudkan untuk membedah renang dari mulai kehadirannya (sejarah).

Metamorfosa Renang

Sejarah mencatat bahwa renang ternyata sudah dilakukan sejak zamn pra-sejarah ribuan tahun silam. Fosil-fosil yang ditemukan banyak yang menguatkan bahwa ternyata berenang sudah ada dan dilakukan sejak masa manusia purba.

Di Wadi Sora misalnya, wilayah di sebelah barat daya Mesir ditemukan gua-gua bagi para perenang. Bahkan di Jepang (Asia Timur) yang terkenal dengan samurainya, olahraga renang wajib dikuasai oleh para jawara samurai.

Tercatat bahwa olahraga renang mulai dipertandingkan pertama kali di Eropa pada tahun 1800-an. Waktu itu, belum banyak ditemukan gaya-gaya renang seperti sekarang ini sehingga kebanyakan para atlet yang bertanding mengggunakan gaya dada.

Adapun gaya bebas yang pertama kali dilakukan oleh Arthur Trudgen menyusul setelah gaya dada di kenal terlebih dahulu. Terbilang tahun 1902 Richard Cavil melakukan kombinasi antara gaya bebas dengan gaya tendangan kaki untuk menambah daya hentak sehingga tubuh bisa melaju lebih cepat dan mempunyai power.

Seiring berjalannya waktu, olahraga renang pun makin populer dan tersebar ke seluruh dunia. Dan momentum olimpiade di kota Athena Yunani tahun 1896 menjadi ajang pertama kalinya kategori renang dipertandingkan di ajang bergengsi tersebut. Ketika itu, ada empat nomor yang dipertandingkan, yakni nomor 100 m, nomor 500 m, nomor 1200 m, dan nomor 100 m yang khusus untuk para pelaut.

Pada olimpiade keduanya yang diadakan di Prancis, kategori nomor renang yang dipertandingkan ditambah menjadi 6 nomor, yakni nomor 200 m, 1000 m, 4000 m, 200 m dengan menggunakan gaya dada, 200 m beregu, dan nomor dengan gaya bebas.

Persatuan Internasional

Seperti halnya dengan olahraga lainnya seperti sepak bola, bola basket, atau bulu tangkis, olahraga renang juga mempunyai federasinya yang disebut Federation Intrenationale De Natation De Amateur atau Persatuan Renang Ibnternasional. Organisasi renang dunia ini disahkan pada 1908, yang dalam salah satu ketentuannya menetapkan bahwa gaya kupu-kupu merupakan variasi dari gaya dada yang sudah sedari awal muncul.

Perlu waktu sekitar 40 tahun untuk memisahkan gaya tersebut sebagai gaya tersendiri dan bukan bagian dari gaya dada lagi. Selain itu, patut diketahui bahwa sampai 1912 yang melakukan kompetisi renang hanyalah kaum pria saja, wanita baru diperbolehkan untuk ikut bertanding terjadi ketika olimpiade diselenggarakan di Stockholm, Belgia.

Gaya-gaya

Beberapa gaya yang terdapat dalam olahraga renang dan sering dipertandingkan diantaranya:

* Gaya dada
* Gaya kupu-kupu
* Gaya bebas
* Gaya punggung

Untuk bisa mahir berenang diperlukan latihan rutin dan terus-menerus. Berenang sebenarnya hanya membutuhkan latihan yang sungguh-sungguh dan sering. Bagaimanapun juga dalam renang tidak berlaku pintar teori juga pasti pintar praktek. Hal tersebut tidaklah benar. Apalah gunanya bila teori bagus namun tidak pernah latihan, maka yang akan terjadi adalah kegagalan.

Tentunya hal tersebut sungguh suatu hal yang harus dan akan selalu kita hindari. Pandai berenang banyak sekali manfaatnya, di antaranya adalah: apabila terjadi banjir kita tidak akan takut tenggelam karena bisa berenang, bila suatu saat terjadi kecelakaan pesawat terbang dan mengharuskan untuk mendarat darurat di laut maka kita tidak akan khawatir hilang di laut karena paling tidak kita bisa berenang, dll.

Begitu banyak manfaat berenang hingga banyak orang berbondong-bondong untuk berlatih renang. Untuk menjadi perenang handal dan professional, seseorang tentunya harus memulainya dari pemula.

Dan sebagai seorang pemula, seseorang harus memiliki tingkat keseriusan yang tinggi untuk menjadi perenang professional. Untuk itu berikut ini adalah beberapa catatan tentang latihan renang untuk pemula yang bisa diperhatikan.

- latihan renang untuk pemula sebaiknya dengan didampingi oleh seseorang yang sudah ahli. Bagaimanapun juga, seorang pemula masih belum begitu terlalu berani mengeksplore dibandingkan dengan yang sudah ahli. Jangankan mengeksplore gerakan renang, menstabilkan gerakan renang mungkin juga belum bisa. Oleh sebab itu agar tak terjadi sesuatu yang membahayakan diri sendiri, maka sebaiknya latihan renang untuk pemula didampingi oleh pelatih yang sudah ahli.

- Sedikit-sedikit tapi rutin. Artinya, berenang tak membutuhkan keahlian khusus. Berenang hanya membutuhkan kebiasaan dan kemahiran. Kemahiran bisa diciptakan dengan berlatih rutin setiap hari tanpa mengenal lelah. Seminggu sekali mungkin lebih efektif dibandingkan dengan setahun sekali. Bahkan mungkin bila ingin segera mahir seseorang harus berlatih setiap hari meski hanya satu atau dua jam. Bagaimanapun juga praktik lebih penting daripada teori, latihan rutin lebih terasa hasilnya daripada tidak pernah sama sekali.

- Latihan renang untuk pemula berikutnya adalah sering-sering berlatih ayunan kaki di kolam renang. Kelincahan kaki sangat penting pada saat renang terutama bagi yang masih pemula, karena hal itu untuk menentukan apakah perenang pemula tersebut tidak tenggelam ataukah tenggelam.

- Latihan renang untuk pemula berikutnya adalah latihan meluncur. Meluncur dilakukan bila ayunan kaki sudah bisa mengambang dengan baik. Bila belum terlalu sempurna, maka latihan meluncur bisa ditunda sampai benar-benar siap dan bisa.

Latihan renang untuk pemula memang cukup rumit bila dibandingkan dengan yang sudah mahir. Pada dasarnya semua tergantung keinginan. Bila seseorang menginginkan untuk cepat bisa renang maka seharusnya secara rutin dia harus berlatih renang, setiap hari bila perlu.

Berikutnya, dimanakah latihan renang untuk pemula bisa dilakukan?

Tentu saja di kolam renang. Hanya saja kolam renang bisa bersifat pribadi bisa juga menyewa. Bila di dalam rumah terdapat kolam renang, itu sangat bagus. setidaknya setiap hari kita bisa latihan renang dan itu tentunya sangat membantu kita.

Namun bila di dalam rumah kita tak ada kolam renang, maka kita bisa pergi ke pemandian umum untuk berlatih renang. Bila untuk pemula sebaiknya memilih pemandian saat sepi, untuk meminimalisir rasa malu. Bisa juga pemandian yang diperuntukkan untuk sejenis saja, tidak campur antara laki-laki dan perempuan.

Latihan renang untuk pemula bisa dilakukan kapan saja sebenarnya, sesuai dengan keinginan dan keseriusan kita. Semakin tinggi tingkat kemauan kita untuk bisa, maka kita akan semakin rutin untuk berlatih berenang, begitu pula sebaliknya. Bila ada pertanyaan, seseorang yang masih dalam taraf latihan renang hendaknya tidak segan-segan untuk bertanya pada instruktur renang. Hal itu untuk kebaikan dia sendiri tentunya.
Dalam makalah olahraga renang ini Anda dapat mengetahui banyak hal khususnya olahraga renang gaya punggung sebagai salah satu jenis gaya yang sulit dipelajari dalam renang.

Gaya punggung ini termasuk yang sulit karena dilakukan dengan cara muka menghadap ke atas dan membelakangi garis finish sehingga diperlukan kejelian dan kecermatan dalam mengasah insting dalam memperkirskan antara jarak badan dengan tembok finish.

Makalah olahraga renang gaya punggung ini akan lebih menekankan dan menjelaskan mengenai apa itu gaya punggung? Bagaimana melakukannya? dan tips-tips apa saja yang perlu dilakukan supaya menghasilkan gerakan yang cepat namun tetap sesuai dengan aturan berenang gaya punggung.

Karena itu, makalah ini sangat diperlukan terutama bagi mereka yang masih awam dan belum begitu familiar gaya punggung dalam renang.

Gaya Tertua

Sebagaimana diketahui bahwa ada berbagai macam gaya dalam berenang, yakni gaya bebas, gaya dada, daya kupu-kupu, dan yang sedang kita bahas mengenai gaya punggung.

Masing-masing gaya tersebut memiliki perbedaan dan karakteristiknya masing-masing. Gaya punggung misalnya, karena posisi muka ada di atas permukaan air sehingga bernafas dimudahkan. Namun demikian, biasanya perenang profesional kesulitan dalam menentukan seberapa jauh lagi dengan garis finish karena posisi punggung yang menghadap ke depan bukannya muka.

Perbedaan gaya punggung dengan gaya lainnya dalam renang pun terletak dalam posisi awal start, dimana kalau gaya lainnya biasaya dilakukan diatas permukaan air. Sedangkan gaya punggung startnya dilakukan dalam air.

Posisi perenang sendiri menghadap ke dinding kolam, kedua lutut ditekuk dan posisinya berada diantara kedua belah lengan. Posisi kedua belah telapak kaki melakukan tumpuan pada dinding kolam renang.

Gaya punggung ini merupakan gaya kedua tertua setelah gaya bebas dan telah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dijadikan sebagai pertandingan resmi tercatat terjadi dalam Olimpiade Paris tahun 1900.

Gerakan-Gerakan

Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa gaya punggung ini memiliki gaya berbeda dengan gaya yang lainnya. Diantara beberapa gerakan tersebut, yakni:

1. Gerakan kaki

a. posisi kaki kanan dan kiri digerakkan secara bergantian (persis seperti orang yang sedang berjalan). Serupa juga dengan gaya lainnya, namun bedanya dengan posisi kepala menghadap ke atas.

b. gerakan kedua kaki tersebut dilakukan secara cepat dan terarah untuk menghindari arah gerah tubuh yang mengalami deviasi atau penyimpangan.

2. Gerakan tangan

a. letakkan posisi satu tangan diatas kepala.

b. ayunkan tangan yang diatas kepala tersebut dengan gerakan mengayuh ke belakang menuju ke arah pinggang.

c. tangan tersebut kemudian angkat ke permukaan air dan kembalikan ke posisi awal.

d. lakukan gerakan tersebut dengan tangan yang satunya lagi secara bergantian.

3. Gerakan perpaduan (kombinasi)

a. gerakan kaki terus secara konsisten dilakukan seperti pada poin pertama (1).

b. muka yang menghadap ke atas, tangan kiri dan kanan secara bergantian melakukan gerakan seperti pada poin nomor 2 (a, b, c).

Demikian makalah olahraga renang gaya punggung yang semoga banyak membantu Anda dalam mendalami renang gaya punggung.

Olahraga renang merupakan salah satu olahraga yang dilakukan di air. Renang biasanya diperlombakan dalam even-even olahraga seperti Asean Games, Sea Games, Olympiade, dll. Dalam perlombaan tersebut terdapat peraturan-peraturan olahraga renang yang harus dipatuhi oleh perenang, misalnya gaya renang yang digunakan, jarak yang harus ditempuh selama perlombaan, dan lain sebagainya.


Peralatan Renang yang Dibutuhkan dalam Perlombaan

Dalam melakukan perlombaan renang, ada beberapa macam fasilitas dan peralatan yang diperlukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kolam renang
2. Lintasan renang
3. Pengukur waktu
4. Balok start, yaitu tempat untuk memulai start dalam lomba.


Peraturan Olahraga Renang
Olahraga renang dapat dilakukan dengan beberapa macam gaya renang, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung. Pada masing-masing gaya tersebut terdapat peraturan olahraga renang yang harus diperhatikan, yaitu:

* Pada perlombaan renang dengan gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya dada, perenang memulai lomba dengan mengambil posisi di atas balok start. Posisinya adalah badan dibungkukkan dan lutut agak ditekuk.
* Untuk gaya punggung, perlombaan dimulai dengan mengambil posisi di dalam air. Posisi badan menghadap ke arah dinding kolam, sementara kedua tangan memegang pegangan besi yang terdapat pada balok start.
* Wasit yang bertugas untuk memulai start memanggil para perenang dengan menggunakan peluit panjang. Ini berarti para perenang harus naik ke atas balok start dan pertandingan siap untuk dimulai.
* Start akan dinyatakan tidak sah apabila salah seorang perenang meloncat ke dalam kolam mendahului aba-aba yang diberikan wasit, dan start akan diulang kembali.
* Jika wasit membunyikan tembakan dari pistol, maka itu berarti perlombaan telah dimulai.
* Untuk pakaian renang, terdapat daftar merk serta tipe pakaian renang yang diijinkan digunakan dalam perlombaan atas kesepakatan FRI (Federasi Renang Internasional). Pakaian yang diperbolehkan adalah topi dan kaca mata renang dan tidak diijinkan untuk menggunakan pakaian renang atau alat yang dapat mempengaruhi kecepatan renang.
* Dalam perlombaan renang terdapat nomor-nomor perlombaan yang dibedakan berdasarkan jarak tempuh, empat buah gaya renang, serta nomor renang berdasarkan jenis kelamin.

Siapa yang tak kenal dengan olahraga renang?. Semua orang pasti mengetahuinya. Bahkan yang tidak pernah melakukannya pun juga tahu apa itu olahraga renang. Namun ketika ditanya, tentang macam macam olahraga renang, barulah yang ditanya menjadi bingung. Karena selama ini memang masyarakat hanya memahami bila jenis olahraga renang itu yang renang saja, tidak ada yang lain.

Padahal sebenarnya olahraga renang itu tidak melulu hanya renang saja. Masih banyak macam macam olahraga renang yang lain. Masyarakat mungkin sudah mengetahui atau minimal pernah melihatnya, namun karena ada pemahaman yang kurang, maka mereka tidak tahu bahwa selain renang, masih banyak jenis olahraga lain yang bisa dikelompokan sebagai olahraga renang.

Macam Macam Olahraga Renang

Yang dimaksud dengan olahraga renang adalah olahraga yang dilakukan di kolam atau media lain yang ada airnya sehingga kita bisa melakukan gerakan renang. Yang dimaksud dengan media lain selain kolam renang juga bisa di sungai atau laut. Jadi macam macam olahraga renang ini jenisnya memang cukup banyak. Diantaranya adalah :

1. Renang

Ini adalah jenis olahraga yang paling populer yang di lakukan di dalam air. Dalam suatu pertandingan, biasanya olahraga ini terdiri dari beberapa gaya, misalnya gaya kupu kupu, gaya punggung, gaya bebas, gaya katak dan sebagainya. Ada pula yang namanya renang estafet. Bentuknya juga seperti lari estafet, namun dilakukan dengan cara berenang.

2. Senam air

Salah satu macam macam olahraga renang ini juga dilakukan di kolam renang. Bentuknya juga seperti senam yang ada di darat. Namun tentu saja gerakannya harus diseusaikan dengan kolam yang digunakan untuk melakukan senam ini.

Meski belum begitu populer di Indonesia, namun sebenarnya sudah ada beberapa orang yang tertarik untuk menekuni olahraga ini. Dalam perlombaan, penentuan juaranya ditentukan berdasarkan nilai yang diberikan oleh juri. Penilaian ini meliputi keindahan, kelenturan tubuh, keserasian antara gerakan dan musik, kekompakan kelompok dan sebagainya.

3. Polo air

Sebelumnya macam macam olahraga renang untuk jenis ini juga tidak begitu dikenal di Indonesia. Namun pada tahun 2000 ada beberapa propinsi yang mengadakan pembinaan atau pengenalan pada masyarakat.

Olahraga polo air adalah permainan di kolam renang yang dilakukan dengan membentuk tim atau grup. Jadi dalam pertandingan ada dua grup yang saling mengadu ketangkasan. Bentuk permainan dari polo air sebenarnya juga tidak berbeda jauh dengan sepakbola di darat atau lapangan. Perbedaannya terdapat pada jumlah pemain.

Bila dalam sepakbola terdiri dari sebelas pemain termasuk kiper, maka untuk polo air jumlah pemainnya ada tiga belas. Karena kipernya ada dua dan yang pemainnya sebelas. Cara penentuannya juga berdasarkan jumlah gol yang masuk ke gawang lawan.

4. Loncat indah

Macam macam olahraga renang yang cukup populer selain renang itu sendiri adalah loncat indah. Ini bisa dibuktikan di kolam renang-kolam renang yang terdapat di Indonesia. Hampir semuanya menyediakan fasilitas untuk melakukan olahraga yang dilakukan dengan cara meloncat dari papan yang letaknya di atas kolam renang dengan ukuran ketinggian tertentu.

Dalam perlombaan, penilaian untuk menentukan juara meliputi keindahan loncatan, jumlah putaran tubuh yang bisa dilakukan ketika melakukan loncatan dan lain-lain

Selain empat jenis olahraga di atas, sebenarnya masih ada banyak macam macam olahraga renang yang lain lagi. Misalnya olahraga selam atau diving. Namun selama ini olahraga ini masih terbatas sebagai hobi dan wisata untuk melihat keindahan kehidupan di laut.

Tahukah Anda tentang manfaat olahraga renang? Ya, olahraga air yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bila Anda suka dengan olahraga yang satu ini, Anda patut bersyukur. Selain menyenangkan, ternyata bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Renang adalah salah satu olahraga yang dilakukan di air, memanfaatkan gerakan-gerakan tangan dan kaki agar sesorang bisa mengapung atau melaju di atas permukaan air. Dalam olahraga ini, banyak terdapat macam gaya yang bisa dilakukan, seperti gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebas, atau gaya dada.

Manfaat Olahraga Renang

Seperti yang sudah diketahui, setiap jenis olahraga tentu memiliki pengaruh yang sangat baik bagi perkembangan tubuh. Begitu pula dengan olahraga renang. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat olahraga renang bagi kesehatan tubuh Anda.

* Jika Anda rutin berenang, otot Anda akan semakin kuat dan terbentuk bagus. Hal ini disebabkan saat berenang, Anda akan menggerakkan seluruh badan, terutama tangan dan kaki. Apalagi, gerakan di dalam air tentu tidak mudah dan terasa berat. Inilah yang akan membentuk otot-otot tubuh Anda.
* Renang bermanfaat untuk membakar kalori, membuat tubuh Anda terhidnar dari penyakit ataupun obesitas.
* Bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, berenang adalah salah satu olahraga yang sangat baik untuk menambah tinggi badan. Ini merupakan salah satu dampak positif olahraga renang.
* Manfaat olahraga renang yang lain adalah meningkatkan fungsi kerja jantung dan juga organ paru-paru dalam tubuh. Hal ini disebabkan seluruh gerakan yang dilakukan saat renang akan semakin memacu aliran darah, kerja jantung dan juga paru-paru.
* Berenang mampu memperbaiki kualitas pernafasan kita, bahkan diyakini dapat menyembuhkan penyakit asma. Pernafasan saat berenang adalah pernafasan yang panjang, ditahan, lalu dikeluarkan. Hal ini sangat baik untuk kesehatan.
* Tidak seperti olahraga yang lain, manfaat olahraga renang juga bisa menghilangkan stres. Sebab, berenang adalah olahraga dengan media air dan ini sangat menyenangkan.
* Selain itu, hormon endorphin yang juga sering disebut hormon bahagia akan meningkat ketika Anda berenang secara santai.

Itulah beberapa manfaat olahraga renang yang tentunya sangat baik untuk perkembangan kesehatan Anda.

Tips Berenang

Sama seperti olahraga lainnya, berenang juga punya resiko yang akan membuat Anda tidak nyaman, misalnya kram tubuh. Lalu bagaimana agar hal itu tidak terjadi?

* Lakukan gerakan stretching (peregangan) atau Anda bisa berjalan cepat mengitari kolam agar otot-otot tubuh bisa lemas sebelum berenang.
* Saat mulai berenang, sebaiknya jangan langsung berenang dalam waktu lama atau menempuh jarak yang jauh. Berenanglah secara santai selama beberapa menit, lalu istirahat sekitar 20-30 detik, setelah itu kembalilah berenang.
* Jika belum terbiasa berenang, jangan coba-coba untuk berenang di area kolam yang dalam. Ini sangat berbahaya bagi Anda yang belum pandai berenang.
* Bila mata Anda tidak terbiasa melihat dalam air, Anda bisa memakai kacamata renang yang bisa Anda beli di toko peralatan olahraga.
* Renang memang memiliki manfaat yang cukup banyak, namun Anda tidak bisa hanya melakukan olahraga renang tanpa melakukan olahraga yang lain. Satu-satunya dampak buruk olahraga renang ternyata ada pada tulang.
* Saat berenang, kita seolah melayang (tanpa gravitasi) di dalam air. Hal ini cukup memberi pengaruh buruk bagi massa tulang. Karena itu, sebaiknya Anda juga melakukan olahraga-olahraga yang lain seperti lari, bersepeda, senam, atau aerobik.

Olahraga renang merupakan satu dari sedikit aktivitas olahraga yang sangat dinamis tanpa menyebabkan cedera seperti gerakan high impact. Selain itu, semua orang bisa mencoba berbagi gaya renang yang disukai dan cocok. Artinya, renang sangat bagus untuk semua umur.

Bagaimana dengan renang untuk Ibu hamil, apakah boleh dilakukan? Renang adalah olahraga yang sangat dianjurkan para dokter kandungan bagi ibu hamil, bahkan pada kehamilan bermasalah atau kehamilan kontra indikasi absolute.

Biasanya ibu hamil memiliki masalah dengan berat badan (BB) dan lututnya. Sebab ibu hamil menopang berat tubuh janin dan dirinya. Tapi renang merupakan kegiatan non-weight bearing. Yaitu kegiatan yang gaya gravitasi buminya rendah. Di dalam kolam tubuh terasa lebih ringan dan ibu hamil tidak merasa ada beban karena ditopang air sehingga memiliki daya angkat .

Olahraga renang juga aman dilakukan selama hamil, termasuk pada kehamilan trimester pertama yang serba rawan. Bahkan ketika kandungan Anda tidak normal alias bermasalah atau kehamilan dengan kontra indikasi absolute, misal pernah melahirkan premature, pernah mengalami kehamilan dengan kondisi placenta preyia(ari-ari menutupi jalan lahir), wanita hamil dengan panggul sempit, atau kehamilan dengan kontra indikasi relative, seperti ibu hamil dengan anemia, pembesaran kelenjar gondok, diabetes, hamil sungsang, hamil dengan badan terlalu kurus atau terlalu gemuk, atau hamil yang pernah mengalami pendarahan pada trimester pertama.

Olahraga renang meski banyak manfaatnya bagi ibu hamil, bukan berarti renang boleh dilakukan bebas dan tanpa peraturan. Yang pasti, ibu hamil harus mempertimbangkan keadaan janin dalam kandungannya. Dan aturan main itu antara lain :

1. Mencermati pilihan gaya renang.
2. Waktu latihan.
3. Intensitas latihan.
4. Pemanasan sebelum renang.

Gaya renang yang paling efektif untuk ibu hamil adalah gaya bebas dan gaya dada, Karena kedua gaya ini tenang perlahan, dan tanpa benturan. Gaya punggung tidak dianjurkan karena posisi ibu hamil dalam keadaan terlentang. Posisi ini sangat dikhawatirkan, karena takut akan terjadi penekanan pada pembuluh darah di bagian belakang rahim, karena menahan berat janin.

Padahal pembuluh darah ini akan mengalirkan darah dari bagian bawah kembali ke jantung. Selain gaya punggung, gaya kupu-kupu juga jangan dilakukan untuk ibu hamil. Karena gaya kupu-kupu melibatkan banyak gerakan. Hal ini kurang baik bagi janin, sebab dikhawatirkan akan menimbulkan ‘benturan’ yang mempengaruhi kondisi janin.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan aktifitas renang bagi ibu hamil adalah sebelum pukul 10.00 atau sesudah pukul 15.00. karena pada waktu-waktu tersebut sinar ultraviolet matahari tidak terlalu akan merusak kulit. Lain halnya jika ibu hamil berenang pada kolam renang yang tertutup dan tidak membuat hitam. Karena suhu udara yang panas dapat berdampak negative bagi janin. Atau kalau Anda merasa kepanasan, sebaiknya lindungi kulit Anda dengan sun block ber-SPF

3 Hal yang perlu diwaspadai bagi ibu hamil :

* Faktor keamanan. Sebaiknya ibu hamil selektif dalam melihat kondisi kolam renang. Pilih kondisi kolam renang yang terawat, bersih, dan rapi. Kondisi kolam renang yang tidak bersih menyebabkan lantai yang licin, lantai yang licin dapat menyebabkan tergelincirnya ibu hamil dan ini dapat membahayakan kehamilan.

* Ketika masuk kolam, ibu hamil tidak boleh langsung melompat dari tepi kolam. Tetapi turunlah secara perlahan dari tangga kolam. Jangan melompat langsung ke dalam air, karena dikhawatirkan tekanan air mendorong selaput ketuban yang berimbas pada kebocoran ketuban. Bahkan keluarnya cairan ketuban sebelum saatnya.

* Karena jika air ketuban keluar belum pada saatnya akan mengakibatkan proses kelahiran atau masuknya infeksi ke dalam rahim. Meski kolam renang sudah dilakukan water treatment, tetap saja akan terjadi potensi resiko infeksi dalam kehamilan.

* Suhu air juga perlu diperhatikan. Suhu air yang terlalu dingin dapat membuat tubuh bereaksi seperti kulit akan menjadi keriput dan bisa menyebabkan gangguan system keseimbangan akan aliran darah dari ibu pada janinnya.
Oleh : Udi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar